Ya banyak sekali sekarang – sekarang ini bermunculan Freelancer – freelancer yang merambah dunia website *yaaa khusunya saya sendiri hehe. . .mungkin jika kita bicara mengenai seorang Freelancer yang pertama muncul dipikiran kita bahwa “seseorang yang bekerja paruh waktu” dengan kata lain modal yang dimilikinya belum tentu banyak alias pas-pasan hahaha…tapi itu bukanlah menjadi masalah, dengan memilih perangkat lunak atau software yang gratis dan tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam hal itu dapat teratasi. Disini saya akan memberikan informasi mengenai software – software gratis yang dapat membantu dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi para Web Freelance dalam memulai usahanya tentunya software ini tidak kalah bagusnya dengan yang berbayar… Oke langsung saja Cekidot gann!! :D

1. Wireframe User Interface Software

Dalam mengerjakan suatu proyek website mungkin kalian akan dihadapkan dengan client yang ingin melihat gambaran kotor / sketsa mengenai werbsite yang akan kita buat. Pada kasus ini client mungkin saja dapat merubah sewaktu – waktu terhadap sketsa yang kita buat maka dari itu jika kita membuatnya langsung coding atau menggambar desain mungkin akan memakan waktu yang lama dalam pengerjaan-nya oleh karena itu kita butuh suatu software yang dapat memudahkan kita dalam pembuatan suatu sketsa dalam pembuatan website client itu.

PROTOTYPER

Software ini dapat memudahkan kita dalam membuat suatu sketsa website yang akan kita butuhkan dalam bernegoisasi dengan client kerennya lagi bahwa software ini ada yang gratis jugaaaa hahha.

2. IDE

Dalam penggunaan simple-nya IDE / Integrated Development Environment dapat memudahkan kita dalam melakukan suatu coding baik itu PHP. Javascript, HTML dan lain-lain. Mungkin terdapat berbagai macam IDE yang ada sekarang baik itu yang gratis dan berbayar,

Notepad++

Sublime Text2

Yang pertama muncul ketika menggunakan IDE ini adalah tampilan yang elgan dan sangat simple tapi powerful, Sublime Text 2 ini beberapa Operating Sistem seperti Linux dan Windows . Pada dasarnya IDE ini bersiftar berbayar namun kamu bisa menggunakan mode mencoba tanpa adanya batas waktu dalam penggunaan nya..

3. Graphic Editor

INKSCAPE

bagian terpenting dan yang menjadi favorit saya jika sedang bekerja menggunakan inkscape adalah kita dapat mengeksport hasil karya kita langsung ke dalam format .SVG yang mana format tersebut bisa di embed ke dalam browser kita.

4. PORTOFOLIO WEBSITE

Portofolio merupakan hal yang sangat penting bagi seorang Freelancer. Disini kamu bisa memberikan harga jual kamu dengan memberikan kualitas pekerjaan kamu dengan cara melampirkan portofolio sehingga client menjadi lebih tertarik untuk merekrut kamu.

COROFLOT

BEHANCE.NET

5. FTP

Mungkin sudah tidak asing lagi bagi para Web Freelance untuk mengupload hasil kerjanya. Disin kamu membutuhkan suatu software yang dapat menghubungkan kamu ke server dimana website itu di hosting kan.

FILEZILLA

Filezilla merupakan software yang paling populer dikalangan applikasi FTP dibandingkan aplikasi FTP lainnya.

Link Menuju Filezilla

6. Browser Add On

Tidak sedikit pekerjaan dapat cepat selesai dengan mengandalkan add on browser. Pada awalnya saya berpikir bahwa add on hanyalah fasilitas pelengkap atau aksesoris, tapi saya menyadari bahwa sekarang itu salah *lebay banget ya kata-katanya hahha. Ya tapi memang beneran lho bahwa dengan memanfaatkan add on pada browser kita, kita dapat dengan mudah menyelesaikan pekerjaan kita. Ga percaya? coba lihat deh add on berikut.

FireBug

Firebug berfungsi / membantu kita dalam melihat source code dari sebuah website. Asyiknya lagi dengan add on ini kita dapat mengedit tampilan atau source code dari website yang kita akan edit / rubah secara live!. Dengan add on ini kita dapat meniru atau mengedit website yang akan kita jadikan referensi dalam membuat suatu website bahkan kita dapat mempelajari source bagaimana website itu berjalan (“tentunya source code yang dapat kita lihat hanya dari sisi client seperti Javascript/HTML/CSS)

ColorZilla

Dengan menggunakan add on ColorZilla ini kita dapat mengetahui code dari warna yang ada dalam sebuah website. Tools ini sangat memudahkan sekali dalam membantu kita memilih tema warna untuk website yang akan kita buat :D

Baiklah mungkin untuk postingan kali ini sekian dulu :D

Pada kenyataannya masih banyak sekali software / Tools yang mendukung para Web Freelancer dalam membantu mempermudah pekerjaannya yang belum tercantum diatas. Jika para sahabat blogger punya pendapat yang berbeda atau memiliki  tools yang lebih baik lagi ayo share…!! :D

Salam Blogger!

⤧  Next post Mengecek Online User Unik PHP dan MySQL + AJAX Simple ⤧  Previous post Membuat Sub Kategori Dinamis PHP dan MySQL