Bagi temen-temen yang suka menulis kode-kode, baik itu berupa sintaks PHP, javascript, C, Perl dan mungkin kode yang lainnya mungkin artikel ini cukup bermanfaat bagi temen-temen. Syntax Highlighter ini berguna sekali untuk mempermudah dan memperindah dalam menuliskannya. Misalnya pada saat saat temen-temen menulis suatu kode tanpa tanpa alat bantu seperti sintaks highlighter, mungkin hasil keluaran akan terlihat seperti beberapa tulisan yang abu-abu atau hitam sama halnya ketika kita menuliskan suatu kode di dalam notepad dengan kata lain semua sintaks akan terlihat sama(monoton) hehe…

Yah, ada banyak sekali software yang berfungsi sebagai syntax highlighter seperti,

  • Notepad++
  • Dreamweaver
  • Gedit
  • dan mungkin masih banyak lagi…

Javascript Syntax Highlighter ini memiliki fungsi yang sama, yaitu memberikan highlight kepada setiap kode yang kita tuliskan dan mempermudah kita dalam membedakan setiap fungsi kodenya dengan kata lain kita dapat lebih mudah dalam memberikannya kepada orang lain :)

Berikut ada beberapa Syntax Highlighter untuk website yang dibuat dengan Javascript untuk dapa kita gunakan,

Syntax Highlighter

syntax-highlighter

syntax-highlighter

Mungkin Syntax Highlighter ini dapat menjadi perhentian pertama. Syntax Highlighter ini mendukung banyak sekali pilihan kode selain itu tampilan Highlighter ini sangat menarik dan yang paling penting Syntax highlighter ini dibuat dengan 100% javascript jadi kalian tidak perlu khawatir jika server kalian lemot. :Dhehe

Chili 2.2 jQuery code highlighter

chili-syntax highlighter

chili-syntax highlighter

Plugin Chili Code Highlighter ini sangat ringan dan lumayan mudah dalam pemasangannya, selain itu plugin ini berlisensikan MIT. Ada beberapa sintaks kode yang didukung seperti C + +, C #, CSS, Delphi, Java, JavaScript, LotusScript, MySQL, PHP, dan XHTML.

JUSH

jush-syntax highlighter

jush-syntax highlighter

Syntax highlighter ini mendukung sintak-sintak seperti HTML, CSS, JavaScript, PHP, SQL dan yang lainnya.

Highlight.JS

highlightjs-sintaks

highlightjs-sintaks

Hampir sama dengan syntax highlighter lainnya, Highlight.JS sangat mudah untuk digunakan karena syntax ini bekerja secara otomatis dengan cara mencari beberapa sintaks kode yang dimasukan, mendeteksi bahasanya setelah itu menyorotinya deh…(Kalo yang ini ane belum pernah nyoba, baru liat-liat tutorialnya) hehe

Highlight.JS ini mendukung beberapa bahasa seperti AVR Assembler, Apache, Axapta, Bash, C #, C + +, CSS, DOS kelelawar, Delphi, Django, HTML, XML, INI, Java, Javascript, Lisp, MEL (Maya Tertanam Language),. PHP, Perl, Python dan masih banyak lainnya.

SHJS

shjs - highlighter

shjs - highlighter

Syntax Highlighter ini mendukung beberapa sintaks seperti CC++, C#, ChangeLog, CSS, Desktop files, DiffFlex, GLSL, Haxe, HTML, Java, Java properties files,JavaScript, JavaScript with DOM, LaTeX. LDAP files, Log files, LSM (Linux Software Map) files, M4, Makefile, Objective Caml, Oracle SQL, Pascal, Perl, PHP dan masih banyak lagi

Untuk lebih jelas silahkan langsung aja klik link-nya… :D

HHmm…sekian dulu, semoga bermanfaat :) ⤧  Next post Mengatasi Blank Screen – WordPress ⤧  Previous post Wajah Baru Google plus