Hari ini browsing-browsing cari sini sana buat nyari CMS yang super simple dan ringan yaa iseng-iseng aja sih walaupun sebenernya dengan CMS yang saya pake sekarang “WordPress” ini cukup simple tapi pas masuk ke bagian administrator nya cukup berat sih dengan tampilan admin nya..Mungkin agak lebay yah? :Dhehe, yap memang cukup berat menurut saya apalagi bagi yang hanya butuh buat posting artikel doang. Tapi akhirnya saya ketemu dengan CMS yang satu ini namanya “Amarok CMS”, mungkin bagi pengguna Linux tidak asing lagi dengan kata “Amarok” sendiri..biasanya di OS linux amarok digunakan sebagai musik player.

Fitur dari Amarok CMS sendiri yaitu,

  1. WYSIWYG html editor
  2. XHTML Template System
  3. Image/File upload
  4. page SEO options
  5. Page Sidebar
  6. Custom slugs
  7. Multi-Level menu
  8. Page menu orders

Selain itu, kamu juga mungkin terkesan betapa simple halaman administrator amarokCMS ini dibanding CMS yang lainnya!!!!

Baiklah ini screenshot-nya!!! CHECK THIS OUT!

Oke tanpa basa-basi lagi langsung aja ke tahap install CMS super simple ini! :)

  • Pertama silahkan download file-nya disini
  • Setelah download extract file-nya lalu copy-kan ke C:\xampp\htdocs\amarokcms. atau jika anda pengguna WAMP silahkan copy ke  C:wamp\www\amarokcms.
  • Langkah selanjutnya, buatlah database dengan nama terserah anda. Disini saya memberi nama database-nya dengan nama “amarok”.
  • Selanjutnya, jika anda menginstall-nya di folder root (htdocs – XAMPP atau www – WAMP) maka buka file .htaccess-nya maka akan terlihat tulisan seperti dibawah ini..

RewriteEngine On<br /> RewriteBase /<br /> RewriteCond %{REQUEST_URI} ^system.*<br /> RewriteRule ^(.*)$ /index.php/$1 [L]<br /> RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f<br /> RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d<br /> RewriteRule ^(.*)$ index.php/$1 [L]

Ganti file .htaccess diatas dengan dibawah ini,

RewriteEngine On<br /> RewriteBase /amarokcms<br /> RewriteCond %{REQUEST_URI} ^system.*<br /> RewriteRule ^(.*)$ /index.php/$1 [L]<br /> RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f<br /> RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d<br /> RewriteRule ^(.*)$ index.php/$1 [L]

–Dalam kasus ini saya menyimpan file amarokCMS ini di C:wamp\www\amarokcms–

Selanjutnya, masuk ke bagian instalasi yaitu masuk ke URL http://127.0.0.1/amarokcms/install seperti nampak pada gambar dibawah ini, Setelah field ini terisi Klik Install Now.

*Keterangan, Hostname(nama host anda – disini host name kita adalah localhost) username (disini menuju ke username yang dipakai database) Password(Password) Database name (Nama database yang akan digunakan oleh amarokCMS ini)

Selanjutnya, jika berhasil akan muncul tampilan seperti ini,

*Ini menandakan bahwa pemasangan amarokCMS ini sudah berhasil,

Untuk masuk halaman admin silahkan masuk ke localhost/amarokcms/admin dengan username dan password default yaitu “admin”

Bagaimana? Mudahkan? selamat mencoba!!! :) ⤧  Next post Kumpulan Cheatsheet ⤧  Previous post 7 Tooltip Keren untuk Website